16/04/10

GOOD BYE PUTIH ABU-ABU!


-->
Sebentar lagi, kamu yang duduk di kelas XII SMA/SMK/MA bakal ngadepin ujian akhir. Masa indah di SMA pun akan segera berlalu. Namun, perjalanan masih panjang, bahkan perjuangan menuju masa depan, baru akan dimulai. Ya, kini saatnya kamu harus memilih, kemana setelah SMA? Tapi yang paling penting, hadapi dulu ujian yang ada didepan mata….
Jaga Stamina
Berpikir di saat tubuh prima, hasilnya pasti lebih tokcer. Makanya jangan pakai acara telat makan, deh. Lalu usahakan olahraga tetap jalan, nggak usah terlalu berat. Jogging ringan tiap pagi, pasti bikin kamu selalu bersemangat. Dan kalau perlu, beli suplemen tambahan untuk menunjang gizi yang dibutuhkan. Bagi yang sakitnya sering kambuh, konsultasi ke dokter bisa jadi pilihan yang baik. Jangan ampai nggak bisa ikut ujian karena sakit mendadak.
Lenyapkan Sistim Kebut Semalam
Kebanyakan siswa sering memborong proyek belajarnya dalam waktu singkat, alias menganut sistim SKS (Sistim Kebut Semalam). Tapi sayangnya, otak bukan bangunan, yang seenaknya saja bisa direkayasa. Baiknya, kamu persiapkan dari awal semua materi yang bakal diujikan sedikit tapi teratur, hasilnya akan lebih baik daripada mendadak belajar semuanya.
Doa
Setelah banyak cara kamu tempuh. Ritual yang satu ini nggak boleh ditinggalkan. Lewat doa, kamu bisa lebih yakin, damai, dan tenang untuk menghadapi ujian. Minta juga doa dari ortumu. Banyak terbukti, cara itu bisa mengantar sukses.
Nggak Perlu Over Nervous
Keringat dingin, perut mules, sampai rasa ingin muntah, sering jadi langganan kamu? Kalau mau jalani kegiatan penting termasuk ujian. Kadang ini muncul dengan sendirinya tanpa kompromi. Itu jangan dibiarkan bisa-bisa persiapan ujianmu jadi buyar karena masalah ini. Coba kenali kebiasaanmu. Kalau memang sering nervous, cari cara buat mengurangi kegugupan itu. Bisa coba dengan olahraga ringan sebelum berangkat ujian. Boleh juga dengan yoga atau meditasi. Dijamin, kamu akan lebih nyaman ngerjain ujian.
Wajib Sarapan
Banyak yang nyangka kalau sarapan nggak begitu penting. Jangan salah! Banyak riset mengatakan, sarapan adalah suplemen penting untuk konsentrasi di saat aktivitas. Kalau kamu ingin bisa konsentrasi penuh saat ujian, sempatkan buat sarapan. Lebih baik lagi kalau kamu siapakan menu lebih sehat. Roti bakar, telur rebus, dan segelas susu pasti oke!
Jangan Buang Waktu
Kalau bel tanda waktu ujian dimulai, langsung start. Buang pikiran-pikiran diluar ujian. Tarik napas dalam-dalam lupakan rasa gugup. Jangan lupa ini waktunya berjuang, bukan menghayal ketakutan. Don’t waste your time, friends!
Strategi Atur Waktu
“aduh, terpaksa ada beberapa soal yang aku tinggalin. Waktunya nggak cukup,” kata Ferdi usai ujian. Kok bisa? Padahal waktu ujian sudah diperhitungkan dengan cermat. Memang ada soal yang butuh waktu agak lama untuk dikerjakan, tapi sebagai gantinya, ada soal yang hanya butuh beberapa detik saja. Yuk atur strategi biar nggak kehabisan waktu.
Jangan Berkutat Pada Satu Soal
Kalau ada soal yang ekstra sulit, coba tinggalkan sejenak, dan jangan lupa beri tanda. Cari soal lain yang bisa langsung digarap. Ini akan menambah rasa pedemu setelah tiba giliran soal sulit, tetap kerjakan dengan tenang.
Buat Batas Akhir
Sebelum waktu ujian selesai, tetapkan waktu akhir penyelesaian soal. Ini penting banget buat jatahmu mengoreksi lagi hasil ujian. Siapa tahu ada soal yang belum kamu jawab. Kalau kamu punya cadangan waktu, bakal lebih teliti kan?
Jika Mau Melanjutkan Kuliah, Yuk Siap-Siap Kuliah!
Melepas seragam putih abu-abu, memang agak berat. Kamu bakal membayangkan ninggalin masa SMA yang sering disebut masa paling indah. Muncul juga kekhawatiran bakal punya tanggungjawab lebih besar.
Tapi, memasuki bangku kuliah bukan soal sepele. Apalagi jika ngotot ingin ke perguruan tinggi negeri. Tapi ini juga bukan sesuatu yang mesti ditakutkan, kok! Kalau dipersiapkan dengan matang, kamu nggak cuma dapat pengalaman baru dengan lingkungan gaul yang lebih luas. Penemuan jati diripun akan terjadi pada masa ini.

Tidak ada komentar:

Komentar Kamu :

Comment Box is loading comments...