25/09/09

MASA DEPAN GENERASI KITA

BAGAIMANA NASIB 62 JUTA GENERASI KITA DIMASA MENDATANG?, ditentukan dari apa yang kita persiapkan untuk mereka hari ini. Generasi yang memiliki pendidikan dan kesehatan yang baik akan menjadi sumber daya yang potensial untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Sebaliknya jika mereka sakit dan tidak terdidik akan menjadi beban negara yang sangat berat.

Kita akan menanggung risiko yang sangat berat jika mengabaikan kondisi kesehatan reproduksi remaja saat ini:

  • Berapa banyak anggaran negara yang akan dihabiskan untuk program pengobatan, perawatan, dan rehabilitasi karena risiko reproduksi remaja yang tidak sehat.
  • Berapa besar dan rumit pekerjaan yang akan dilakukan untuk program pengobatan, perawatan, dan rehabilitasi karena risiko reproduksi remaja yang tidak sehat.
  • Berapa banyak kita akan kehilangan sumber daya potensial untuk melanjutkan pembangunan.

Risiko reproduksi yang dialami remaja hari ini mempengaruhi siklus kehidupan mereka berikutnya. Tidak ada cara lain. Saat ini kita harus mengupayakan program perlindungan terhadap remaja atas risiko reproduksi yang tidak sehat, terutama menyangkut kehamilan yang tidak diinginkan, aborsi tidak aman, infeksi menular seksual, dan HIV/AIDS. Risiko reproduksi yang tidak sehat akan merampas hak asasi menusia pada remaja.

Baca juga di arsip blog : lindungi remaja dari kehamilan yang tidak diinginkan infeksi menular seksual dan HIV/AIDS, persiapkan remaja, pengakuan dan pemenuhan hak-hak reproduksi dan seksual remaja, memahami hak-hak reproduksi dan seksual remaja.

(Sumber: UNFPA, BKKBN, PKBI)

Tidak ada komentar:

Komentar Kamu :

Comment Box is loading comments...