25/09/09

MEMAHAMI HAK-HAK REPRODUKSI DAN SEKSUAL REMAJA

Setiap orang yang lahir membawa hak reproduksi dan seksual yang harus dihormati secara universal.

Hak-hak reproduksi dan seksual remaja terdiri dari

  • Hak untuk menjadi diri sendiri: membuat keputusan, mengekspresikan diri, menjadi aman, menikmati, seksualitas dan memutuskan apakah akan menikah atau tidak.
  • Hak untuk tahu: mengenaik hak reproduksi dan seksual, kesehatan reproduksi dan seksual, termasuk kontrasepsi, infeksi menular seksual dan HIV/AIDS serta anemia.
  • Hak untuk dilindungi dan melindungi diri: dari kehamilan yang tidak direncanakan, aborsi tidak aman, infeksi menular seksual, HIV/AIDS dan kekerasan seksual.
  • Hak mendapatkan pelayanan kesehatan: secara bersahabat, menyenangkan, akurat, berkualitas dan dengan menghormati hak remaja.
  • Hak untuk terlibat: dalam perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi program remaja, serta mempengaruhi pemerintah dalam pembuatan kebijakan.


Remaja harus memiliki informasi kesehatan reproduksi dan seksual agar memahami dan nyaman dengan perkembangan tubuh dan seksualitasnya. Hal ini akan membantu remaja untuk memiliki kemampuan dalam menegosiasikan perilaku seksual yang tidak sehat pada saat ini dan masa datang sehingga remaja dapat melindungi diri dari kehamilan yang tidak diinginkan, aborsi tidak aman, infeksi menular seksual, dan HIV/AIDS serta kekerasan seksual. Informasi ini juga akan membantu remaja untuk dapat memahami, menerima dan mempraktekkan hak-haknya dan menghormatinya.”


Remaja harus menyadari bahwa mereka memiliki hak-hak reproduksi dan seksual. Kemudian melakukan aksi untuk menjamin pengakuan dan pemenuhan hak-hak tersebut:


  • Diskusikan mengenai hak-hak reproduksi dan seksual remaja di dalam kelompok. Temukan apa persoalan yang dihadapi menyangkut pengakuan dan pemenuhan hak-hak reproduksi dan seksual.

  • Temukan landasan hukum, seperti dokumen internasional (Deklarasi Umum HAM, ICPD, CEDAW, Konvensi Hak Anak), dan undang-undang di Indonesia serta Peraturan Daerah yang menjamin mengenai hak-hak remaja. Ini akan menjadi landasan kuat untuk mendorong pemerintah dan pihak lainnya untuk memenuhi hak-hak reproduksi dan seksual remaja.

  • Kumpulkan data dan informasi kasus. Buat argumentasi tentang pentingnya pengakuan dan pemenuhan hak-hak reproduksi remaja.

  • Susun strategi. Secara bersama diskusikan bagaimana cara yang akan ditempuh untuk meyakinkan pemerintah dan banyak pihak bahwa dengan pengakuan dan pemenuhan hak-hak reproduksi dan seksual remaja akan melindungi remaja dari resiko kehamilan yang tidak diinginkan, aborsi tidak aman, infeksi menular seksual, dan HIV/AIDS.

  • Lakukan aksi. Lobby dan yakinkan pemerintah dan banyak pihak bahwa ini persoalan yang mendesak.

“Bagaimanapun dan atas dasar apapun tidak ada ruang untuk menolak pengakuan dan pemenuhan hak-hak reproduksi dan seksual remaja. 62 juta remaja di Indonesia adalah potensi dan generasi yang akan melanjutkan pembangunan. 62 juta remaja di Indonesia sangat mungkin untuk terkena dampak dari risiko reproduksi yang tidak sehat tetapi sebaliknya juga sangat mungkin menjadi generasi yang sukses dalam melanjutkan pembangunan. Ini harus dipastikan dengan satu cara : Remaja harus terlibat aktif dalam upaya meyakinkan pemerintah dan banyak pihak bahwa ini adalah masalah krusial


Baca juga di arsip blog : lindungi remaja dari kehamilan yang tidak diinginkan infeksi menular seksual dan HIV/AIDS, masa depan generasi kita, persiapkan remaja, pengakuan dan pemenuhan hak-hak reproduksi dan seksual remaja

(Sumber: UNFPA, BKKBN, PKBI)


“Dapatkan panduan cepat dan praktis bagaimana menghasilkan uang melalui internet dalam waktu singkat tanpa membuat website”

di jaman sekarang katanya cari uang itu susah, tapi semakin maju jaman pastinya teknologi semakin canggih, oleh karena itu sakarang mencari uang pun haruslah memanfaatkan teknologi agar teknologi tersebut yang bekerja untuk kita, bukankah teknologi yang membuat pekerjaan kita menjadi ringan? Oleh karena itu saya menawarkan kepada Anda pekerjaan yang melibatkan teknologi berupa komputer dan internet untuk menambah saldo rekening tabungan Anda dengan modal cuma sedikit uang, sedikit waktu dan cuma duduk kerja santai di depan komputer pribadi atau warnet tapi hasilnya bisa melimpah lebih dari yang anda bayangkan dibanding modal yang Anda keluarkan… jangan sia-siakan kesempatan ini selagi iklan ini mampir dihadapan Anda…untuk kesaksian member yang lebih meyakinkan Anda tentang bisnis ini, silakan copy paste bisnismengalir.com pada browser Anda

Tidak ada komentar:

Komentar Kamu :

Comment Box is loading comments...