24/03/13

Kesehatan : Makanan Yang Ternyata Bikin Tulang Sehat



New York : Untuk membangun tulang kuat, ada dua nutrisi utama yang dibutuhkan, yaitu kalsium dan vitamin D. Kalsium mendukung tulang dan struktur gigi, sedangkan vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang. Kedua nutrisi itu, belum tentu terdapat di semua makanan.

Susu menjadi yang utama bagi kesehatan tulang, tapi ternyata ada beberapa makanan lain mengandung kalsium serta vitamin D untuk membuat tulang tetap sehat, seperti dikutip dari Health, Senin (25/3/2013).

Yogurt

Yogurt diperkaya dengan vitamin D yang bisa menyehatkan tulang. Satu cangkir yogurt bisa membantu Anda dapatkan kalsium harian.

Stonyfield Farms membuat yogurt bebas lemak yang mengandung 30 persen kalsium dan 20 persen vitamin untuk harian Anda.

Keju

Hanya karena keju mengandung kalsium, bukan berarti bisa makan berlebih. Cukup 1,5 ons (satu set dadu) keju cheddar, mengandung 30 persen lebih dari nilai harian kalsium Anda.

Kebanyakan keju mengandung sedikit vitamin D, tapi tidak cukup mengambil potongan besar dalam kebutuhan sehari-hari.

Sarden

Ikan dalam kaleng (sarden) memiliki tingkat kalsium dan vitamin D yang sangat tinggi. Meskipun terlihat sedikit aneh, sarden memiliki rasa gurih yang enak dalam pasta dan salad.

Telur

Meski hanya mengandung enam persen dari vitamin D harian, tapi telur cepat dan mudah didapat. Hanya saja, jangan memilih putih telur karena bisa mengurangi kalori. Pilih kuning telur yang mengandung vitamin D.

Salmon

Salmon dikenal karena menyehatkan jantung dan mengandung asam lemak omega-3. Bahkan, 3 ons potongan salmon sockeye mengandung lebih dari 100 persen vitamin D Anda. Jadi, makan salmon untuk jantung dan tulang.

Bayam

Bayam mungkin menjadi favorit Anda untuk mendapatkan kalsium. Satu cangkir bayam yang dimasak mengandung hampir 25 persen dari kalsium harian anda. Ditambah lagi terdapat serat, zat besi, dan vitamin A.

Tuna

Tuna, ikan berlemak yang menjadi sumber baik vitamin D. Tiga ons tuna kaleng mengandung 154 IU atau sekitar 39 persen dari dosis harian vitamin sinar matahari. Cobalah tuna rendah kalori sebagai cara untuk mendapat vitamin D dan kalsium. (Zul/Igw)

Source: liputan6dotcom

Dibutuhkan Segera: Kami Menawarkan Lowongan Kerja Input Data, Bekerja Dari Rumah. Info Selengkapnya Klik Disini

Tidak ada komentar:

Komentar Kamu :

Comment Box is loading comments...